Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Puluhan Relawan Tagana Setia Abdya Ikuti Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

393
×

Puluhan Relawan Tagana Setia Abdya Ikuti Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Sebarkan artikel ini

GLOBAL BLANGPIDIE – Puluhan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti pelatihan kesiapsiagaan bencana yang dipusatkan di Lapangan Bola Kaki, Desa Mon Mameh, kecamatan setempat, Minggu (26/12/2021).

Ketua Tagana Abdya, Yasri Gusman menyebutkan, pada pelatihan ini masing-masing desa di Kecamatan Setia mengirimkan tiga relawan Tagana.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 26 hingga 27 Desember 2021, dan diikuti oleh tiga orang relawan Tagana dari setiap desa di Kecamatan Setia,” jelasnya.

Baca Juga :   87 Personel Tagana Desa di Susoh Abdya Ikuti Pelatihan Siaga Bencana

Yasri mengatakan, dari sembilan Kecamatan di Kabupaten Abdya, Kecamatan Setia merupakan yang kedelapan menggelar kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana bagi relawan Tagana.

“Hanya, tinggal satu Kecamatan lagi yang belum melakukan pelatihan ini, sedang delapan lainnya sudah, termasuk hari ini di Setia,” ujarnya.

Baca Juga :   Warga Gampong Lhung Asan Abdya Ikuti Sosialisasi PHBS

Sementara itu, Camat Setia, Raifin saat pembukaan pelatihan tersebut di Lapangan Bola Kaki Mon Mameh, berharap agar para relawan Tagana dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Raifin menyebutkan, tugas relawan Tagana, antara lain melaksanakan penanggulangan prabencana, saat tanggap darurat, maupun pascabencana.

Relawan ini, kata dia, juga bertugas menangani berbagai permasalahan sosial lainnya.

Ia mengatakan pihaknya dari Muspika akan mengikutsertakan Tagana sebagai relawan yang berasal dari masyarakat yang punya kepedulian dalam penanggulangan bencana.

Baca Juga :   Warga Lhung Tarok Antusias Gunakan Hak Pilih di Pilchiksung Serentak Abdya

Raifin juga berharap Tagana menjadi pelindung masyarakat dan dapat bersinergi dengan organisasi-organisasi kebencanaan lainnya.

“Tagana harus menjadi relawan yang siap, sigap dan tanggap dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana,” tuturnya.

Pada acara pembukaan pelatihan kesiapsiagaan bencana bagi relawan Tagana itu juga turut dihadiri Danposramil 08/Setia, Serma SY Lubis. (*)