Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaCerpen

Sekda Aceh Utara Irup Upacara Pembukaan TMMD Ke-118 di Sawang

181
×

Sekda Aceh Utara Irup Upacara Pembukaan TMMD Ke-118 di Sawang

Sebarkan artikel ini
Sekda Aceh Utara, Dr A Murtala, MSi, menjadi inspektur upacara pada kegiatan pembukaan bakti TNI TMMD Reg ke-118 jajaran Kodim 0103/Aceh Utara, di lapangan Gampong Teupin Reusep Kecamatan Sawang, Rabu (20/9/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

LHOKSUKON – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan pembukaan bakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-118 jajaran Kodim 0103/Aceh Utara, berlangsung di lapangan Gampong Teupin Reusep Kecamatan Sawang, Rabu, 20 September 2023.

Kegiatan itu diinisiasi oleh Kodim 0103/Aceh Utara dengan mengambil tema ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat’.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain dihadiri oleh Sekda Dr A Murtala, MSI, acara itu juga turut dihadiri oleh Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono, SIP, pejabat dari Korem 011/Lilawangsa, dari Lanal Lhokseumawe, dari Polres Lhokseumawe, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara Hendra Yuliansyah, SSos, dan sejumlah pejabat dari OPD dalam jajaran Pemkab Aceh Utara, serta para pejabat Muspika Kecamatan Sawang.

Baca Juga :   Terancam Dibubarkan, DPP UPK Minta Bantuan ke DPD RI

Kegiatan TMMD Reg ke-118 Kodim 0103/Aceh Utara tahun 2023 ini fokus pada kegiatan utama yaitu pembangunan jalan Lancok – Teupin Reusep Kecamatan Sawang. Selain itu, juga diisi dengan kegiatan bazar dan pasar murah bagi masyarakat setempat, serta kegiatan santunan anak yatim dan stunting.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara mewakili Pj Bupati, dalam sambutannya antara lain menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan bakti TMMD Ke-118 tahun 2023 oleh jajaran Kodim 0103/Aceh Utara, yang dipusatkan di Gampong Teupin Reusep Kecamatan Sawang.

“Kegiatan TMMD ini selain untuk membangun infrastruktur dan prasarana desa, juga dapat merekat hubungan silaturahmi antara jajaran TNI – pemerintah daerah – dan masyarakat setempat,” kata Murtala.

Hubungan ukhwah dan silaturahmi ini akan semakin kokoh dalam membangun ketahanan teritorial dan ketahanan sosial masyarakat.

Baca Juga :   Dinilai Riba Nasiah, Aturan Bunga Bank Digugat ke MK

Kawasan Gampong Teupin Reusep, kata dia, terletak agak pedalaman yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan dan perkebunan rakyat. Secara kasat mata dapat kita saksikan kawasan ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh sebab itu, dipilihnya Kecamatan Sawang sebagai lokasi TMMD tahun 2023 merupakan satu kesempatan bagi masyarakat untuk terus berbenah dan mengembangkan potensi kecamatan dan potensi gampong, sehingga nantinya menjadi lebih bernilai, terutama secara ekonomi sosial.

“Saya yakin, jika kesempatan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka akan mendatangkan manfaat dan profit bagi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat.” lanjutnya.

Jika telah memiliki infrastruktur yang memadai, maka banyak hal yang bisa dikembangkan di Kecamatan Sawang. Disini memiliki potensi yang sangat besar, bukan hanya dalam hal luas wilayah, tapi juga memiliki potensi ekonomi, potensi sosial, lingkungan dan nilai-nilai kearifan lokal.

Baca Juga :   Gubernur dan Forkopimda Aceh Ikuti Upacara HUT RI ke-76 secara Virtual Bersama Presiden

Kalau dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain di Aceh Utara, Sawang masih sangat terbuka untuk menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi baru, terutama di sektor perkebunan dan pertanian.

Oleh karena itu, melalui kegiatan TMMD tersebut diharapkan akan semakin menambah aspek keberterimaan masyarakat terhadap gerak roda pembangunan, khususnya di Gampong Teupin Reusep.

“Ke depan, insyaAllah Sawang ini akan terus berkembang menjadi salah satu wilayah hinterland pemasok komoditi, apalagi dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun di Kecamatan Dewantara,” imbuhnya.

Lebih jauh, Sekda Murtala mengajak segenap masyarakat setempat untuk proaktif bekerjasama dalam kegiatan TMMD tersebut demi untuk membangun Kecamatan Sawang.

“Bapak-Bapak dari TNI datang dari jauh-jauh untuk kerja bakti di gampong kita, maka sepatutnya kita ikut membantu dan bekerjasama,” ajaknya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *