Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Sepanjang 2023, Baitul Mal Abdya Salurkan Rp6,5 Miliar Dana Zakat dan Infak

619
×

Sepanjang 2023, Baitul Mal Abdya Salurkan Rp6,5 Miliar Dana Zakat dan Infak

Sebarkan artikel ini
Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya, Iin Supardi (kiri) dan Ketua Badan Baitul Mal Abdya, Zulbaili (kanan). Foto : Acehglobal/Ist.

Blangpidie, Acehglobal – Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan zakat dan infak senilai Rp6,5 miliar lebih kepada ribuan penerima manfaat zakat (mustahik) di seluruh desa dalam daerah itu, selama tahun 2023.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya Iin Supardi SS, M.E.I, mengatakan, realisasi penyaluran dana zakat dan infak tahun 2023 mencapai Rp6,5 miliar lebih dari total target dana ZIS yang dianggarkan dalam APBK 2023 Rp7,2 miliar.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Pelaksanaan penyaluran zakat dan infak tersebut sesuai dengan Keputusan Badan dan Dewan Pengawas Baitul Mal Abdya tentang penetapan program penyaluran zakat dan infak tahun 2023,” kata Iin Supardi, Jumat (12/1/2024) di Blangpidie.

Baca Juga :   Gunung Merapi di Sumbar Meletus, Semburan Abu Vulkanik Capai 3.000 Meter

Ia menjelaskan, dana zakat yang disalurkan tersebut disalurkan untuk enam asnaf, yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, fisabilillah, dan ibnu sabil.

Untuk asnaf fakir, disalurkan sebesar Rp760 juta, asnaf miskin Rp2,4 miliar, asnaf amil Rp156 juta dan asnaf mualaf sebesar Rp98 juta.

“Untuk asnaf fisabilillah disalurkan sebesar Rp194 juta. Sedangkan asnaf ibnu sabil yang telah kita salurkan sebesar Rp602 juta,” sebutnya.

Selain zakat, Baitul Mal Abdya juga menyalurkan dana infak sebesar Rp1,7 miliar. Dana tersebut diperuntukkan untuk program kesejahteraan umat dalam rangka menurunkan angka kemiskinan di Abdya, salah satunya bantuan rumah layak huni bagi fakir miskin.

Baca Juga :   Ketua dan Plt Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya Ikuti Rakornas BAZNAS 2023 Se Indonesia

“Dari infak kita juga salurkan untuk santunan anak yatim dan piatu, sosialisasi ziswaf melalui mimbar jumat, serta sejumlah program lainnya,” kata Iin Supardi.

Sementara itu, Ketua Badan Baitul Mal Abdya Zulbaili mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang merumuskan teknis pendataan dan verifikasi calon mustahik di lapangan melalui Baitul Mal Gampong. Ia berharap seluruh mustahik di desa akan terakomodir dalam penyaluran zakat dan infak nantinya, meskipun disalurkan secara bertahap.

“Mustahik nantinya akan didata oleh Baitul Mal Gampong, mereka akan dikunjungi satu per satu, karena kita memastikan by name by address. Oleh karena itu, kita sangat mengharapkan kerjasama dari Keuchik dan pengurus Baitul Mal Gampong,” katanya.

Baca Juga :   Kapolres Aceh Selatan Pimpin Sertijab Dua Kasat

Selain data mustahik, di tahun 2024 pihaknya juga akan lebih fokus pada program menambah muzakki baru sebagai donatur dengan strategi memperluas sosialisasi ke berbagai lini, diantaranya ke instansi pemerintah vertikal, pengusaha, dan perusahaan dalam daerah.

Zulbaili berharap penyaluran dana zakat dapat dilakukan secara efektif dan tepat sasaran, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan umat muslim dan masyarakat secara keseluruhan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah menyetorkan zakat dan infaknya melalui Baitul Mal Abdya. Semoga berkah hartanya dan semakin banyak pula mustahik yang bisa kita bantu,” ucapnya.(*)

Editor : Ijoel F

Simak berita dan artikel lainnya di Google News