Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahEkonomi

Silaturahmi Istri Waka DPRA Safaruddin: Dorong Pemberdayaan UMKM Perempuan Abdya

438
×

Silaturahmi Istri Waka DPRA Safaruddin: Dorong Pemberdayaan UMKM Perempuan Abdya

Sebarkan artikel ini
Ratna Sari Dewi, istri dari Wakil Ketua DPRA, Dr Safaruddin MSP, hadir dalam silaturahim para pelaku UMKM perempuan Abdya yang digelar di Poge Coffe, Lhung Asan Blangpidie, Sabtu (6/7/2024). Foto: Acehglobal / Istimewa.

Blangpidie, Acehglobal — Ratna Sari Dewi, istri dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Dr Safaruddin MSP, hadir dalam acara silaturahmi dengan para pelaku UMKM perempuan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Acara yang diselenggarakan oleh Pemuda Kreatif Abdya (PKA) itu berlangsung di Poge Coffe Blangpidie bertajuk diskusi “Perempuan Abdya Bertanya, Ibu Ratna Sari Dewi Menjawab”, Sabtu (6/7/2024) malam.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua Pemuda Kreatif Abdya (PKA), Hamdani mengatakan acara ini semata-mata hanya dalam rangka silaturahmi para pelaku UMKM dari kalangan perempuan yang berhajat ingin bertatap muka langsung dengan ibu Ratna Sari Dewi, dan berdiskusi tentang pemberdayaan UMKM perempuan di Abdya.

Dihadapan para pelaku UMKM, Dani — panggilan akrab — Hamdani, mengungkapkan bahwa selama menjabat sebagai unsur pimpinan di legislatif Aceh, doktor Safaruddin telah banyak menyentuh sektor usaha di Abdya, termasuk dengan melibatkan mereka dalam setiap event olahraga Barsela.

Baca Juga :   Tukang Pangkas Abdya Sebut Safaruddin Tokoh Muda yang Peduli UMKM

Dani menegaskan, bahwa setiap event olahraga yang diinisiasi oleh Safaruddin salah satunya bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM di Abdya. Karena, di lokasi event tersebut para pedagang dapat menjual berbagai jenis produk makanan, minuman dan lainnya.

“Kita lihat banyak pedagang yang berjualan, seperti di lapangan Persada lokasi pertandingan Barsela Cup bola kaki, dan di GOR Sigupai Arena Barsela Cup bola voli dan turnamen bulutangkis PBSI Aceh,” ungkapnya.

“Event turnamen olahraga ini adalah bukti kepedulian bang Safar dalam mengembangkan UMKM di Abdya,” tambah Dani.

Dalam kesempatan tersebut, Ratna Sari Dewi, menegaskan kehadirannya dalam acara tersebut murni silaturahmi bukan kampanye politik. Ia mengatakan tujuan hadir dalam acara ini ingin menggali saran dan kritikan dari pelaku UMKM untuk dicatat dan ia sampaikan kepada suaminya yang kini masih menjabat Wakil Ketua DPRA.

Baca Juga :   Drs H Azhari Dilantik sebagai Kepala Kanwil Kemenag Aceh

Kesempatan itu, Ia juga menyinggung isu yang berkembang jika Safaruddin telah memilki istri kedua, Ratna menyatakan bahwa dirinya masih menjadi satu-satunya istri sah Safaruddin.

“Alhamdulillah, istri Safaruddin cuma satu buk, yakni saya. Dan suami saya juga masih satu bang Safaruddin,” imbuh Nana – sapaan akrab — Ratna Sari Dewi sambil tersenyum.

Tak hanya sekadar silaturahmi, pertemuan istri Wakil Ketua DPRA Safaruddin ini juga diwarnai dengan diskusi tentang kondisi UMKM di Abdya, yang akhirnya melahirkan beberapa poin hasil diskusi, diantaranya pentingnya dilakukan pendataan produk usaha, memberikan kemudahan akses modal usaha bagi pelaku UMKM, adanya pelatihan kewirausahaan yang berkelanjutan, dan promosi produk kuliner khas Abdya ke luar daerah, serta melakukan packing branding produk usaha agar memiliki nilai jual tinggi di mata konsumen.

Baca Juga :   Aplikasi SIMRS Berbasis Teknologi Pelayanan Menjadi Lebih Cepat

Di akhir diskusi, Nana meminta para pelaku usaha agar terus bergerak dalam mengembangkan dan memajukan UMKM di Abdya. Ia berharap para ibu – ibu bisa mensupport dirinya dalam memajukan daerah berjuluk Breuh Sigupai menjadi lebih baik kedepan.

Informasi yang diperoleh, bahwa panitia menargetkan peserta yang mengikuti acara tersebut berjumlah 100 orang, namun yang hadir justru melebihi dari 200 orang ibu-ibu.

“Ini menunjukkan antusiasme masyarakat Abdya khususnya para ibu-ibu pelaku usaha yang ingin mengenal lebih jauh sosok Ibu Ratna Sari Dewi istri Wakil Ketua DPRA Safaruddin,” tutur salah seorang panitia.

Turut hadir dalam acara ini, anggota DPRK Abdya terpilih dari partai Gerindra Tanzilurrahman, Ketua APDESI Abdya Venny Kurnia, pengurus Pemuda Kreatif Abdya, serta sejumlah organisasi komunitas pemerhati dan perlindungan perempuan dan anak. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News