Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Sinergitas Disdukcapil dan Kemenag Abdya Percepat Proses Penggunaan Aplikasi IKD

452
×

Sinergitas Disdukcapil dan Kemenag Abdya Percepat Proses Penggunaan Aplikasi IKD

Sebarkan artikel ini
Kunjungan Dukcapil Abdya ke kantor Kemenag untuk upaya kerjasama dalam menjalankan proses mempercepat penggunaan Aplikasi IKD. Foto: Acehglobal/Muhammad Nasir.

BLANGPIDIE – Guna mempercepat proses penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) jalin kerjasama dengan pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Kadis Dukcapil Abdya, Jamaluddin mengatakan digital IKD atau Identitas Kependudukan Digital menjadi salah satu Inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen kependudukan yang saat ini diharapkan digunakan oleh seluruh penduduk Indonesia.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Untuk tahap awal sudah kita terapkan pada pegawai di lingkungan Disdukcapil, selanjutnya pegawai ASN, pelajar atau sekolah” ungkap Jamaluddin.

Baca Juga :   Akibat Banjir, Jembatan Jeungki Peureulak Aceh Timur Ambruk

Lebih lanjut dijelaskan, dalam IKD tersimpan dokumen kependudukan KTP-el dan Kartu Keluarga secara digital, namun dalam aplikasi tersebut juga terdapat dokumen lain yang secara otomatis bisa diakses, misalnya kartu vaksin Covid-19, NPWP, informasi Kepemilikan Kendaraan, Informasi BKN (Badan Kepegawaian Nasional), BPJS, DTKS, serta Daftar Pemilih Tetap tahun 2024.

Jamal menambahkan, aktivasi IKD di tahun 2025 memang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya. “Sesuai peraturan menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blangko kartu tanda penduduk elektronik serta penyelenggaraan identidas kependudukan,” ulas Jamal.

Baca Juga :   Melalui Musrena, Pemkab Nagan Raya Perkuat DRPPA

Kedepannya kata jamal, khusus ASN dan masyarakat Abdya pada umumnya agar bisa memndatangi Disdukcapil setempat, untuk melakukan ferifekasi terkai Aplikasi IKD.

“Kita berharap masyarakat kita akan melakukannya dengan penuh kesadara, namun kami (pihak Dukcapil) tetap akan mendatangi Dinas dinas dan sekolah sebagai upaya mempercepat akses penggunaan aplikasi bagi IKD melalui program jebol (Jemput Bola)” tuturnya.

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Padang Hilir Susoh Abdya Gelar Musdes BUMDes

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Abdya, Salman Alfarisi mengatakan, sangat mendukung program kerjasama dengan pihak Dukcapil.

Kepala Kemenag, Putra Asli Abdya ini terlihat memiliki semangat untuk kemajuan Negeri dengan julukan Bumoe Breuh Sigupai.

“Saya sangat mendukung progam IKD yang dilakukan Dukcapil Abdya, selaku kepala Kemenag saya mempertegas, kepada seluruh keluarga besar Kemenag khususnya Abdya untuk menggunakan aplikasi tersebut” pungkas.(*)