Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

STKIP Muhammadiyah Abdya Peringati Milad Ke-13

475
×

STKIP Muhammadiyah Abdya Peringati Milad Ke-13

Sebarkan artikel ini

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati Milad ke-13 yang berlangsung di Aula Gedung Kampus setempat, Kamis (2/6/2022).

Acara tersebut dihadiri Bupati Abdya Akmal Ibrahim, Ketua Komisi II DPRA Irfannusir Rasman, Dandim 0110/Abdya Moch Roqich Hariadi, dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Mismarudin Mahdi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selanjutnya, hadir perwakilan dari Kapolres, Ketua STIT Abdul Kahar, Mantan Ketua Perguruan Tinggi Muhammadiyah Abdya, Drs. H. Ridwan Adami, Ketua BPH H. Samsidik Ibrahim, seluruh Civitas Akademika, dan ratusan mahasiswa STKIP Muhammadiyah Abdya, serta tamu undangan lainnya.

Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdhal Jihad dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan SK Menteri Pendidikan No. 62/D/O/2009 tanggal 02 Juni 2009, maka per tanggal 02 Juni 2022, STKIP telah berusia 13 Tahun.

Baca Juga :   Forum Keuchik di Abdya sebut Salman Al Farisi Layak jadi Pj Bupati

“STKIP Muhammadiyah Abdya memiliki dua Prodi, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika. Dalam Perjalanan STKIP Muhammadiyah Abdya yang ke-13 ini, telah banyak pencapaian yang telah dilakukan, tentu tidak terlepas dari berbagai kekurangan,” ujar Afdhal.

Afdhal menjelaskan, sesuai UU No. 12 Tahun 2012, UU No. 14 Tahun 2005 dan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang SNPT, bahwa proses dan sumber daya yang ada di STKIP telah memenuhi standar yang ditetapkan Pemerintah.

“Dosen kita sudah tiga orang melanjutkan studi doktoralnya di luar negeri, pada tahun ini ada dua orang dosen Matematika yang akan melanjutkan program doktoralnya dan satu orang dosen mata kuliah umum kemudian satu orang teknik kita sedang melanjutkan studi S2-nya di Taiwan,” sebutnya.

Baca Juga :   Tindaklanjut PHBS, Meudang Ara Akan Siapkan Qanun Kebersihan Lingkungan Gampong

Disamping itu, Sarana dan Prasarana (Sapras) yang dimiliki STKIP Muhammadiyah juga telah memadai, seperti laboratorium Bahasa Inggris, laboratorium Matematika, laboratorium Micro Teaching dan Perpustakaan.

“Mengenai Akreditasi kampus dan prodi, Alhamdulillah baik, malahan prodi bahasa inggris terakreditasi Baik Sekali,” sambung Afdhal.

Dia juga menjelaskan, lulusan alumni STKIP sudah bekerja di seluruh sekolah unggulan dan favorit mulai PAUD sampai ke tingkat SMA yang ada di Abdya.

“Alumni STKIP juga telah melanjutkan studi baik dalam negeri maupun luar negeri. Dan sebagian besar alumni pada angkatan awal telah diangkat menjadi PNS melalui jalur honorer di masa Bupati Akmal Ibrahim pada periode pertama yang lalu,” katanya.

Kesempatan itu, Afdhal juga menerangkan pernyataan Ketua DPP Muhammadiyah, bahwa ciri utama sebagai Perguruan Tinggi (PT) unggulan. Pertama PTM harus bisa mandiri, karena sebagai kampus unggulan harus mampu menghidupi lembaganya dan para kelompok akademisnya harus tampil professional.

Baca Juga :   Babinsa Koramil Kuala Batee Beri Materi Wawasan Kebangsaan di Sekolah

Kedua, harus mampu mencetak dan menanamkan dalam pribadi mahasiswa karakter Islam berkemajuan. Artinya, mahasiswa yang berkarakter religius, mandiri, cerdas, dan watak solidaritas sosial.

“Untuk Membangun budaya mutu dan pengembangan STKIP Muhammadiyah Abdya kedepannya supaya lebih jaya, kami mohon bantuan dan masukan dari persyarikatan Muhammadiyah,” pintanya.

Setelah acara Milad STKIP ke-13 ini, kemudian dilanjutkan kuliah umum yang disampaikan oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim, dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) yang di isi oleh Ketua Komisi II DPR Aceh, Irfannusir Rasman.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News