Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Tinjau Vaksinasi Sapi dan Ayam Petelur, Pj Bupati Aceh Utara Apresiasi Bisnis Peternakan 

435
×

Tinjau Vaksinasi Sapi dan Ayam Petelur, Pj Bupati Aceh Utara Apresiasi Bisnis Peternakan 

Sebarkan artikel ini

Lhoksukon – Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, meninjau pelaksanaan vaksinasi sapi dan ayam petelur untuk mendukung budidaya bisnis peternakan, Senin, 25 September 2023.

Pelaksanaan vaksinasi sapi berlangsung di tempat usaha penggemukan sapi di Gampong Pulo Rungkom Kecamatan Dewantara. Sedangkan peninjauan budi daya usaha ayam petelur di Gampong Tanjung Keumala Kecamatan Sawang. Di lokasi ini terdapat sekitar 13 ribu ekor ayam petelur, di mana usaha peternakan ayam petelur ini sudah berlangsung lebih dari delapan tahun.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, kita hendak melihat langsung usaha peternakan yang digeluti oleh masyarakat. Bisnis peternakan ini memang sangat prospek, dan mudah untuk dijalankan. Keuntungannya pun sangat menjanjikan asalkan ditekuni dengan serius,” kata Mahyuzar.

Baca Juga :   Petani di Setia Minta Pemkab dan DPRK Abdya Bangun Jalan Produksi Pertanian

Peninjauan Pj Bupati Mahyuzar ke lokasi peternakan sapi dan ayam petelur turut didampingi oleh Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Lilis Indriansyah, MP, Sekdis Drh Muzakkir, Camat Dewantara Nawafil Mahyudha, SSTP, Camat Sawang Mazimuddin, SE, Kabag Humas Muslem, SSos, MM, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Kepala Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Lilis Indriansyah, MP, mengatakan vaksinasi sapi dimaksudkan untuk antisipasi munculnya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sebelumnya sempat mengganggu usaha peternakan sapi. Pada kesempatan itu pihaknya turut menyerahkan bantuan bahan vaksin dan obat-obatan lainnya kepada peternak setempat.

Baca Juga :   Personil Polres Aceh Selatan Ikut Bersih-Bersih dalam Rangka World Cleanup Day

Bantuan obat-obatan juga diberikan kepada peternak ayam petelur di Gampong Tanjong Keumala Kecamatan Sawang.

“Alhamdulillah peternak kita sangat respons terhadap kemungkinan munculnya penyakit hewan, dengan adanya bantuan ini kita harapkan mereka dapat mengantisipasi lebih cepat. Kita sarankan juga agar para peternak selalu berkonsultasi dengan para penyuluh yang ada di Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan),” kata Lilis.

l

Kata dia, kegiatan vaksinasi penyakit mulut dan kuku ( PMK) dilaksanakan di Gampong Pulo Rungkom Kecamatan Dewantara juga bertujuan untuk meningkatkan imun pada tubuh sapi, sehingga kebal terhadap penyakit tersebut.

Baca Juga :   Langkah Cepat Tim Teknis PUPR UPTD 4 Provinsi Tangani Ruas Jalan Provinsi Sinabang - Sibigo

Target di Aceh Utara adalah 20.000 ekor sapi, dan yang sudah divaksin saat ini mencapai 8.000 ekor. Selain itu, juga dilakukan pengobatan ternak masyarakat.

Pj Bupati Mahyuzar juga meninjau kandang ayam petelur di Gampong Tanjung Keumala Kecamatan Sawang. Kunjungan ke lokasi ini juga merupakan bagian dari monitoring pengendalian inflasi. Kandang ayam petelur di sini bisa menampung jumlah populasi ayam 13 ribu ekor dan bertelur 10 ribu butir per hari. []

Simak berita dan artikel lainnya di Google News