Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaInternasional

UIN Ar-Raniry dan UMT Gelar Seminar Internasional ‘Madani’ 2023 di Banda Aceh

583
×

UIN Ar-Raniry dan UMT Gelar Seminar Internasional ‘Madani’ 2023 di Banda Aceh

Sebarkan artikel ini
Para peserta sedang mengikuti seminar internasional 'Madani' 2023 yang berlangsung di Gedung Auditorium Prof Ali Hasyimi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin (2/10/2023). Foto: Acehglobal/Cut Wulandari S.

Reporter: Cut Wulandari. S

Banda Aceh – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh bekerja sama dengan Universiti Malaysia Terengganu (UMT), menyelenggarakan Seminar Internasional Madani ke-5 yang diberi nama “Madani 2023.”

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Seminar ini mengangkat tema “Sharing Local Wisdom, Dignifying Nusantara Civilization” dan membahas empat sub tema, yaitu Humanitie, Sosial Science, Language and Education, dan Science and Technology.

Seminar ini diadakan di Auditorium Kampus UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, pada Senin (2/10/2023).

Dalam sambutannya, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Mujiburrahman, M. Ag., mengatakan bahwa seminar ini merupakan kesempatan yang baik untuk berbagi kearifan lokal dan memajukan peradaban Nusantara.

Baca Juga :   Pusing Mikirin Program Ketahanan Pangan 20 Persen di Desa? Ini Contohnya

“Topik ini patut di cermati karena melalui peradaban sebuah bangsa dan negara akan dikenang, akan maju, dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FDK UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd., berharap kolaborasi antara UIN Ar-Raniry dan UMT tidak hanya sebatas seminar, tetapi juga dapat diperluas ke bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan lain-lain.

“Kita berharap nantinya kolaborasi ini tidak sebatas hanya seminar saja, tapi kita mungkin juga akan melakukan research, pengabdian masyarakat, dan sebagainya. Saya juga berterima kasih kepada pihak UMT dan juga FDK UIN Ar-Raniry yang sudah bersusah payah bekerja dan melakukan kolaborasi dalam seminar antarbangsa madani ke-5,” katanya.

Baca Juga :   Diduga PJU di Subulussalam Dipakai untuk Kepentingan Pribadi, Bukan Jalan Umum

Selanjutnya, Dekan Pusat Pendidikan Asas dan Lanjutan (UMT), Prof. Dr. Asyraf Haji Abd. Rahman, juga menyampaikan rasa syukur atas berlangsungnya Madani ke-5 di luar Malaysia. Ia berharap kolaborasi antara UMT dan UIN Ar-Raniry dapat terus ditingkatkan di masa depan.

“Alhamdulillah, Syukur kita kehadirat Allah Swt. Karena seminar Madani pada tahun ini Berjaya dianjurkan buat kali yang ke 5. Pada tahun ini buat julung-julung kalinya seminar ini dianjurkan diluar Malaysia, melalui penganjuran bersama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia,” tutur Prof. Asyraf Haji Abd. Rahman.

Baca Juga :   Gubernur Aceh Raih Penghargaan Anugerah Paramakarya 2021

“Saya merekamkan penghargaan dan mengalu-alukan kerja sama yang diberikan oleh pihak bapak Rektor UIN Ar-Raniry dan seterusnya pihak pengurusan FDK UIN Ar-Raniry dalam menganjurkan seminar yang amat penting ini,” katanya.

Dalam seminar ini, panitia juga mengundang dosen dan mahasiswa untuk dapat hadir menjadi peserta seminar. Para pemateri dan peserta dibagi menjadi 5 sesi paralel sesuai dengan bidang kajian yang dipresentasikan.(*)

Editor: Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News