Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahPemerintahan

Wali Nanggroe Aceh Harapkan Ada Rumusan Strategis Tupoksi Imum Mukim di Abdya

391
×

Wali Nanggroe Aceh Harapkan Ada Rumusan Strategis Tupoksi Imum Mukim di Abdya

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al Haythar, Sekda Abdya, Kajari Abdya, dan sejumlah tamu undangan lainnya di acara lokakarya penguatan pemerintahan Imum Mukim Abdya, di Aula Arena Motel pada, Kamis (8/6/2023) Foto: Acehglobal/Muhammad Nasir.

BLANGPIDIE – Paduka Yang Mulia (PYM) Wali Nanggroe Aceh, Tgk. Malik Mahmud Al Haythar resmi membuka Lokakarya Penguatan Pemerintahan Imum Mukim Se-Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Aula Arena Motel, pada Kamis (8/6/2023).

Sebagai lembaga adat yang memiliki legalitas kuat dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam struktur pemerintahan Aceh, lembaga mukim dipercayakan menjadi ujung tombak dalam pembinaan kehidupan adat masyarakat Aceh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan-rumusan strategis dalam upaya pelaksanaan tugas dan fungsi (tupoksi) Imum Mukim,” kata Wali Nanggroe Tgk. Malik Mahmud.

Wali Nanggroe mengharapkan sebagai lembaga adat, kehadiran Imum Mukim harus benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Maka sangat mungkin penataan pemerintahan mukim ini dilakukan dengan baik, untuk capaian pembangunan, penyelenggaraan adat dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Malik Mahmud, kegiatan lokakarya yang diselenggarakan oleh Forum Imum Mukim Abdya ini dapat memberi masukan tambahan untuk kesuksesan dan mengoptimalkan pemerintahan Imum Mukim.

Baca Juga :   85 Orang Wanita Rawan Sosial Ekonomi di Aceh Besar Terima Bantuan UEP

Terpisah, Ketua Forum Imum Mukim (FIM) Abdya, Muhammad Yasin Yusuf kepada Acehglobal menyampaikan, kehadiran Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haythar ke kabupaten Abdya adalah suatu kehormatan bagi Imum Mukim.

Dikatakan Yasin Yusuf, tujuan dari acara lokakarya tersebut adalah demi mempertegas topoksi imum mukim di tengah masyarakat.

“Tujuan acara ini sebagai wahana belajar bagi kami dari seluruh peserta yang hadir, kami menunggu sumbangan ide dan saran terkait pemerintahan kemukiman,” pungkasnya.

Baca Juga :   Timbun BBM Bersubsidi, Polisi Amankan Warga Pantee Bidari Aceh Timur

Acara pembukaan lokakarya penguatan pemerintahan Imum Mukim Abdya ini turut dihadiri Ketua DPRK Nurdianto, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, Kajari Abdya Heru Widjatmiko, Ketua MPU Tgk Muhammad Dahlan, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Mahkamah Syariah Abdya, Sekda Abdya, dan sejumlah staf Bupati Abdya, beserta tamu undangan lainnya.(*)

Editor: Salman