Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Warga Aceh Timur Diminta Hentikan Akitivitas Pengeboran Minyak Ilegal

117
×

Warga Aceh Timur Diminta Hentikan Akitivitas Pengeboran Minyak Ilegal

Sebarkan artikel ini
Lokasi pengeboran sumur minyak yang meledak di Aceh Timur. (Foto: rmnews / istimewa)

Banda Aceh, Acehglobal — Lantaran kerap terjadinya kasus terbakarnya sumur minyak sehingga menelan banyak korban, Pemerintah Aceh melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, meminta warga Aceh Timur agar menghentikan aktivitas pengeboran sumur minyak ilegal di wilayah itu.

“Kita sudah memberikan imbauan jauh-jauh hari sebelumnya bahwa tidak boleh lagi (melakukan penambangan ilegal),” kata Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur dalam rilis yang dikutip Selasa (10/6/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut Mahdinur, cara masyarakat menambang minyak tidak memenuhi standar operasional prosedur (SOP) dan membahayakan pekerja serta warga sekitar.

Saat ini, kata Mahdinur, Pemerintah Aceh sedang merancang Qanun (Peraturan Daerah) Aceh tentang Tambang Migas Rakyat dan sedang berproses di Pusat.

Baca Juga :   Thaibah Satu-satunya Keuchik Perempuan yang Dilantik Bupati Akmal Ibrahim

Mahdinur berharap dengan adanya peraturan tambang rakyat dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat nantinya.

Menurutnya, solusi terbaik saat ini adalah menghentikan seluruh aktivitas penambangan ilegal, sambil menunggu peraturan penambangan masyarakat yang saat ini sedang berproses.

Mahdinur mengatakan sumber daya alam Aceh yang melimpah memang menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Aceh.

“Di sini kita tidak bisa menyalahkan masyarakat, karena memang alam di Aceh itu adalah berkah bagi masyarakat Aceh itu sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :   KIP Abdya Mulai Rekrut PPS, Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

Mahdinur meminta semua pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk menyadarkan masyarakat agar berhenti melakukan aktivitas menambang secara ilegal.

“Aktivitas penambangan ilegal ini sangat berbahaya, jadi kita minta masyarakat yang masih melakukan aktivitas penambangan ilegal dan sejenisnya untuk segera dihentikan,” tegas Mahdinur. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *