Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPemerintahan

Cegah Korupsi, Pemkab Abdya Gelar Sosialisasi dan Penetapan Zona Integritas

170
×

Cegah Korupsi, Pemkab Abdya Gelar Sosialisasi dan Penetapan Zona Integritas

Sebarkan artikel ini
Sesi foto bersama usai kegiatan sosialisasi dan penetapan zona integritas yang diselenggarakan oleh Inspektorat Abdya, di aula Bappeda kabupaten setempat, Kamis (7/12/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

Blangpidie, Acehglobal – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) menggelar sosialisasi dan penetapan zona integritas di unit instansi pemerintah daerah, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan komitmen dalam pemberantasan korupsi serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya, Pj Bupati Abdya Darmansah yang diwakili Sekda Salman Alfarisi mengatakan korupsi merupakan ancaman serius yang harus dicegah dan dihapuskan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan cara yang efektif.

Baca Juga :   Sosialisasi KMB di Sakti, Kepala Kemenag Pidie Sampaikan Pesan Moderasi

“Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencegah korupsi, yaitu preventif, detektif, dan represif. Dengan cara ini, kita dapat menekan faktor-faktor yang menyebabkan dan memberi peluang seseorang untuk berbuat korupsi,” ujar Salman.

Salman menekankan peran strategis APIP dalam mengawal proses pembangunan di Abdya, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban. Ia berharap APIP dapat meningkatkan kapasitas dan integritas dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga :   Lantunkan Alquran di Pembukaan FASI XIII, Ketua BKPRMI Aceh Puji Safaruddin

Selain itu, Salman juga menjelaskan bahwa penetapan zona integritas di unit instansi di Abdya merupakan salah satu upaya untuk mencegah korupsi dengan memperbaiki fungsi pelayanan publik sesuai dengan standar dan norma yang berlaku.

“Kami berharap, pencanangan zona integritas di dua unit instansi, yaitu Disdukcapil dan DPMPTSP dapat dilanjutkan dengan tahapan penetapan, pembangunan, dan penilaian sehingga terwujudnya Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Abdya,” katanya.

Baca Juga :   Peringati 1 Muharram 1445 H, Pj Bupati Abdya Santuni 2.124 Anak Yatim

Sosialisasi dan penetapan zona integritas ini turut dihadiri Ketua DPRK Abdya Nurdianto, perwakilan Kajari Abdya, Ketua PN Blangpidie, Ketua MS Blangpidie, Ketua MPU, Staf Ahli Bupati dan Asisten, Kepala SKPK, Camat serta Forum Keuchik se Abdya.(*)

Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *