Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaKesehatan

Dinkes Aceh Utara Gelar Pelatihan MTBS untuk 32 Tenaga Medis

500
×

Dinkes Aceh Utara Gelar Pelatihan MTBS untuk 32 Tenaga Medis

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Orientasi Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) yang digelar oleh Dinkes Kabupaten Aceh Utara. Foto : Acehglobal/Ist.

Lhoksukon – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara menggelar pelatihan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) untuk 32 tenaga medis dari seluruh puskesmas di kabupaten tersebut.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, mulai 25 hingga 27 Oktober 2023, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinkes Aceh Utara, Amir Sarifuddin, SKM, MM, di Aula Dinas setempat, pada Rabu (25/10/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Amir mengatakan, pelatihan MTBS ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang tepat dan standar kepada balita sakit.

“Pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap penurunan kematian balita dan stunting,” ujarnya.

Amir juga mengapresiasi dukungan UNICEF Indonesia dan PKBI Aceh atas terlaksananya pelatihan ini.

Baca Juga :   Surya Paloh Bocorkan Isi Pertemuan dengan Jokowi, Sempat Tanya Siapa Cawapres Anies?

“Kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut,” katanya.

Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan materi tentang deteksi dini dan penanganan balita sakit, termasuk infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), diare, dan demam.

Peserta juga dilatih untuk melakukan pemeriksaan fisik balita secara lengkap dan akurat, serta memberikan obat-obatan yang tepat sesuai dengan kondisi balita.

Baca Juga :   Tgk H Armisli Minta Surya Paloh "Bismillah", Pecat Taufiqulhadi dari Ketua NasDem Aceh

Amir berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memberikan pelayanan MTBS yang berkualitas di puskesmas masing-masing.

“Dengan pelayanan MTBS yang berkualitas, diharapkan angka kematian balita dan stunting di Aceh Utara dapat terus menurun,” pungkasnya.(*)

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News