Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kadis Sosial Aceh Tinjau Pelaksanaan TMS di Abdya

239
×

Kadis Sosial Aceh Tinjau Pelaksanaan TMS di Abdya

Sebarkan artikel ini

Blangpidie, AcehGlobalNews.com — “Anak-anak, ada yang tau apa itu Tagana?” tanya akrab Kadis Sosial Aceh, Dr. Yusrizal saat mengetes siswa di salah satu sekolah pelaksanaan kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (3/8/2022).

“…Taruna Siaga Bencana”, jawab serentak penuh semangat dari puluhan siswa peserta TMS di SMP Negeri 2, Desa Baharu, Kecamatan Blangpidie, Abdya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Momen tersebut berlangsung saat Kadis Sosial meninjau langsung serangkaian kegiatan acara Bakti Sosial (Baksos) Tagana Se-Aceh yang diselenggarakan Dinsos Provinsi di Kabupaten Abdya.

Baca Juga :   Kadis Sosial Aceh Lakukan Kunker ke Dinsos Abdya

Dalam kunjungannya itu, Yusrizal menjelaskan bahwa kegiatan TMS tersebut bertujuan untuk mengedukasi para siswa-siswa di sekolah agar paham dan sigap dalam menghadapi setiap bencana.

Dimana, selain memberikan materi ilmu penanganan kebencanaan, para siswa juga di ajak melakukan simulasi dan SOP pertolongan pertama ketika bencana datang.

“Selama 2 hari ini, ada 30 sekolah di Abdya dilaksanakan program TMS,” sebut Yusrizal.

Ia berharap manfaat dari program TMS tersebut mampu meminimalisir dampak bencana yang terjadi, artinya warga semakin siap dalam menghadapi bencana juga dapat membantu korban lain yang terdampak bencana.

Baca Juga :   Kolaborasi Antar SKPA Sukseskan Baksos Tagana Dinsos Aceh Di Abdya

“TMS ini merupakan rangkaian dari kegiatan Baksos Tagana Se-Aceh. Terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan ini, Kemensos RI, Pemerintah Kabupaten Abdya, SKPA, dan kalangan Dunia Usaha di Aceh,” ujar Kadis Sosial Aceh.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Blangpidie, Rusdi, M.Pd mengungkapkan rasa syukurnya karena sekolah yang dipimpinnya dijadikan lokasi kegiatan TMS oleh Kementerian Sosial dan Pemerintah Aceh.

Menurutnya, dengan kondisi daerah yang rawan banjir dan air bah, pengetahuan tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana sangat dibutuhkan bagi warga dan siswa sekolah.

“TMS ini kami rasa sangat baik untuk pendidikan edukasi bencana bagi siswa- siswi kami. Sejak dini anak-anak harus kita beri pemahaman mitigasi bencana, sebab bencana datang tidak memandang waktu, bisa kapan saja,” ungkap Rusdi.

Baca Juga :   LSM KOMPAK Minta Pj Bupati Abdya Tinjau RUSTP

Diakhir kegiatan, Kadis Yusrizal bersama perwakilan Kemensos RI, Edhy Swarna, S.Sos, M.Si menyerahkan piagam penghargaan atas partisipasi SMP 2 dalam kegiatan TMS, serta melakukan penanaman pohon buah simbolis penghijauan di lingkungan sekolah.

Turut pula mendampingi pada peninjauan kegiatan TMS, sejumlah Pejabat Eselon III Drs. Saifullah, Mahdani Muchtar, A.KS, M.Si dan Sub Koordinator PSKBA, Yanyan Rahmat, A.KS, M.Si berserta pejabat fungsional penyetaraan Dinsos Aceh.(*)