Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kadis Sosial Sambut Kepulangan 3 Nelayan Aceh yang Terapung di Lautan Lepas

275
×

Kadis Sosial Sambut Kepulangan 3 Nelayan Aceh yang Terapung di Lautan Lepas

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Muslem Yacob menyambut kepulangan tiga nelayan Aceh yang sebelumnya terapung di perairan lepas Malaysia dan India. Foto: Humas Dinas Sosial Aceh.

Banda Aceh, Acehglobal – Tiga nelayan Aceh yang sempat terapung di lautan lepas selama 14 hari akhirnya kembali ke kampung halamannya pada Jumat (12/1/2024) dini hari.

Mereka disambut oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Muslem Yacob, bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman, S.Pi, di Pelabuhan Ulee Lheue.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pemulangan ketiga nelayan Aceh yang terombang-ambing di lautan lepas itu atas perintah dari Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Baca Juga :   Polsek Seunagan Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Miskin

Ketiga nelayan tersebut diketahui bernama Jack Bowie (30) dan Baihaqi (34) asal Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Kemudian Rinal Junaidi (46) asal Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh.

Kedatangan mereka ke pelabuhan difasilitasi oleh Pemerintah Aceh, melalui Dinas Sosial dan Dinas Kelautan dan Perikanan, serta dibantu oleh lembaga panglima laot.

Baca Juga :   Lima Pelaku UMKM Abdya Raih Penghargaan Ditingkat Provinsi Aceh

“Kami menyambut dengan gembira kepulangan ketiga nelayan ini. Kami turut prihatin atas musibah yang mereka alami,” kata Muslem Yacob.

Ia menjelaskan, ketiga nelayan tersebut berangkat dari Aceh untuk mencari ikan di perairan Andaman. Namun, kapal yang mereka tumpangi tenggelam akibat terjangan badai di laut.

Akibatnya, ketiga nelayan tersebut terpaksa bertahan hidup selama 14 hari di lautan lepas tanpa persediaan makanan maupun minuman. Beruntung, mereka akhirnya bisa diselamatkan oleh kapal tanker yang sedang melintas menuju India.

Baca Juga :   Warga Lama Tuha Kuala Batee Gantungkan Ekonomi Rumah Tangga dari Chu

“Kami bersyukur ketiga nelayan ini bisa selamat. Kami akan memberikan bantuan kepada mereka agar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala,” kata Muslem.

Kisah ketiga nelayan tersebut menjadi perhatian masyarakat Aceh. Banyak orang yang mendoakan keselamatan mereka dan berharap mereka bisa segera kembali ke kampung halaman.(*)

Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *