Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Ketua dan Plt Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya Ikuti Rakornas BAZNAS 2023 Se Indonesia

522
×

Ketua dan Plt Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya Ikuti Rakornas BAZNAS 2023 Se Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ketua Badan Baitul Mal Abdya, Zulbaili yang didampingi Plt. Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya, Iin Supardi mengikuti Rakornas BAZNAS) Se Indonesia yang diselenggarakan di The Sultan Hotel dan Residen, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2023). Foto for Acehglobal.

JAKARTA – Ketua dan Plt. Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Barat Daya (Abdya), Zulbaili dan Iin Supardi, mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Se Indonesia yang diselenggarakan di The Sultan Hotel dan Residen, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan Rakornas BAZNAS ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 20 hingga 22 September 2023.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Rakornas BAZNAS Se-Indonesia ini dihadiri sekitar 1.500 perwakilan dari 34 BAZNAS Provinsi se-Indonesia dan 514 Baznas kabupaten/kota,” kata Kepala Sekretariat Baitul Mal Abdya, Iin Supardi, kepada Acehglobal, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga :   FIFA Akan Kunjungi Indonesia, PSSI: Tragedi Kanjuruhan Salah Oknum

Selain itu, dari Baitul Mal Aceh (BMA) juga dihadiri langsung oleh Ketua Badan BMA, Muhammad Haekal, Anggota Badan BMA, Muhammad Ikhsan, dan Tenaga Profesional, Ibnu Sa’dan.

“Sementara dari Abdya langsung dihadiri oleh Ketua Badan Baitul Mal Abdya Bapak Zulbaili dan didampingi saya selaku Plt Sekretariat Baitul Mal Abdya,” kata Ustadz Iin.

Acara Rakornas BAZNAS ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Prof. KH. Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya, Wapres mengatakan bahwa potensi zakat di Indonesia mencapai sekitar Rp 350 Triliun.

“Kita tahu potensi zakat itu di Indonesia besar sekali mencapai 350 triliun. Itulah tugas BAZNAS bagaimana mengambilnya. Oleh karena itu, pak Wapres berharap BAZNAS dapat melakukan inovasi-inovasi dalam mencapai potensi zakat tersebut,” kata Ustad Iin Supardi mengutip pernyataan Wapres dalam sambutannya pada acara tersebut.

Baca Juga :   PKK Aceh Sosialisasikan Tujuh Dimensi Lansia Tangguh

Wapres menjelaskan bahwa keberadaan BAZNAS RI merupakan mitra strategis Pemerintah dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim pada tahun 2024 dengan strategi mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin dan pemberdayaan, serta pengembangan ekonomi masyarakat.

“Program BAZNAS juga adalah solusi untuk mengurangi kemiskinan ekstrim, sebab keberadaan zakat sangat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia,” jelas Iin.

Pendiri Yayasan Ma’had Ibnu Sina Abdya ini juga mengatakan selama ini BAZNAS RI sudah melakukan banyak program, di antaranya, bantuan 100 UMKM, bantuan perumahan swadaya, serta bantuan terhadap masyarakat disabilitas.

Baca Juga :   Pemkab Abdya Buka Seleksi Komisioner Baitul Mal, Ini Kriteria dan Syaratnya

“Dihadapan para peserta rakornas pak Wapres berharap agar BAZNAS terus menebarkan manfaatnya kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Iin Supardi.

Selain dari BAZNAS RI, dalam kegiatan Rakornas juga menghadirkan narasumber dari kalangan Menteri, diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, Menkopolhukam Mahfud MD, dan sejumlah menteri kabinet Jokowi lainnya.

“Para narasumber juga banyak dari menteri. Baznas juga kerjasama dengan BPKH (Badan pengelolaan keuangan Haji) dan kegiatan ini juga disponsori oleh pihak perbankan,” kata Iin Supardi.(*)

Editor: Salman