Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kunker ke BPS, Baitul Mal Abdya Bahas Pemanfaatan Data Kemiskinan Untuk Distribusi Zakat

321
×

Kunker ke BPS, Baitul Mal Abdya Bahas Pemanfaatan Data Kemiskinan Untuk Distribusi Zakat

Sebarkan artikel ini
Komisioner BMK Abdya bersama Kepala BPS Abdya dan jajarannya bersua foto usai pertemuan di kantor BPS wilayah kabupaten setempat, Kamis (26/10/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

Blangpidie – Komisioner Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (BMK Abdya) menggelar kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) wilayah kabupaten setempat, Kamis (26/10/2023).

Kunjungan ini dalam rangka mendiskusikan pemanfaatan data kemiskinan hasil pendataan Regsosek di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kunker yang dihadiri anggota Komisioner BMK Abdya, Salman Syarif, Tgk Hirman, Tgk Syamsul Qamar dan Asmaul Husna itu disambut dengan baik oleh Kepala BPS Kabupaten Abdya Haifa Sari, SST, M.Si., bersama jajarannya.

Salah satu Komisioner BMK Abdya, Salman Syarif, mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat silaturahmi dan membangun kemitraan dengan BPS.

Baca Juga :   Walikota Subulussalam Diminta Copot Plt Asisten I, Kenapa?

“Kami berharap data kemiskinan hasil Regsosek bisa kami gunakan sebagai rujukan dalam pendistribusian zakat,” kata Salman.

Ia mengungkapkan, Baitul Mal Abdya sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk membantu dalam upaya pengentasan angka kemiskinan melalui pendayagunaan zakat produktif.

Menurutnya, Baitul Mal Abdya optimistis akan terus berinovasi dalam hal pengelolaan, pengumpulan dan distribusi zakat, infak serta wakaf (Ziwaf). Salah satunya memanfaatkan teknologi digitalisasi untuk memudahkan pengelolaan Ziwaf dengan membangun sebuah aplikasi berbasis website.

“Aplikasi ini akan memberikan manfaat signifikan bagi Baitul Mal sendiri maupun masyarakat,” kata Salman.

Sementara itu, Kepala BPS Abdya Haifa Sari, menyambut baik langkah yang dilakukan Baitul Mal mengadopsi data kemiskinan hasil pendataan Regsosek. Namun, kata Haifa, data tersebut baru dapat diperoleh jika Pemerintah Kabupaten Abdya menyurati langsung Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) di Jakarta.

Baca Juga :   Kajari Abdya Nilawati Diganti

“Potret kemiskinan dapat dilihat dari hasil Regsosek yang dilakukan oleh BPS di seluruh Indonesia. Pendataan ini merupakan program pemerintah pusat. Setelah pendataan ini selesai, BPS menyerahkan hasilnya ke Bappenas,” terangnya.

Meskipun demikian, lanjut Haifa, BPS siap membantu Baitul Mal dalam pemenuhan kebutuhan data-data lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk pendistribusian zakat produktif seperti data UMKM yang pendataannya baru selesai dilaksanakan tahun 2023.

“Setelah Bappenas disurati, InsyaAllah akan kita bantu agar data hasil pendataan Regsosek 2023 tersebut cepat direspon oleh Bappenas untuk diserahkan kepada Pemkab Abdya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Formapa-SI Desak Ombudsman Serius Tindaklanjuti Laporan terkait Beasiswa BPSDM Aceh

Di akhir pertemuan, Komisioner BMK Abdya Tgk Syamsul Qamar bersama Tgk Hirman berkesempatan mensosialisasikan sekilas tentang zakat penghasilan kepada sejumlah pegawai kantor BPS Abdya yang sudah mencapai kadar nishab dan haul.

Tgk Hirman juga mengajak pimpinan BPS Abdya beserta jajarannya agar bisa menyalurkan zakat atau infaknya ke Baitul Mal Abdya. Penyaluran bisa transfer langsung melalui Bank Aceh Syariah Rek No : 090.01.02.630009-9 An. RKUD Zakat Abdya dan Rek No : 090.01.88.000821-4 An. RKUD Infak dan Uqubat Abdya.

Untuk mendapatkan keberkahan, pertemuan perdana bersama BPS ini ditutup dengan doa oleh Abon Muda Tgk Syamsul Qamar.(*)

Editor : Redaksi