Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahPemilu 2024

Panwaslih Abdya Gandeng Wartawan Awasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

445
×

Panwaslih Abdya Gandeng Wartawan Awasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

"Kawan-kawan media punya potensi yang sangat besar untuk mengawasi proses tahapan pelaksanaan pemilu 2024 ini," tutur Kadafi.

Puluhan wartawan foto bersama komisioner Panwaslih Abdya usai acara silaturahmi dan diskusi pengawasan tahapan pemungutan dan perhitungan suara di aula Hotel Loser Blangpidie, Selasa (13/2/2024). Foto: Acehglobal / Salman.

Blangpidie, Acehglobal — Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) atau Bawaslu Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengajak wartawan untuk bersama-sama mengawasi tahapan pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024, esok.

Ajakan ini disampaikan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Panwaslih Abdya Kadafi Syah dalam acara silaturahmi dan diskusi dengan wartawan di aula hotel Loser Blangpidie, Selasa (13/2/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Media adalah mitra strategis Panwaslu. Karena itu, kami mengajak media (wartawan) bisa mengambil peran pengawasan partisipatif terhadap tahapan pelaksanaan pemilu, salah satunya pengawasan saat tahapan proses pemungutan dan perhitungan suara yang akan berlangsung di TPS pada Rabu besok,” kata Kadafi.

Kadafi berujar, bahwa Panwaslih berupaya merangkul pihak-pihak yang memiliki potensi besar dalam melakukan pengawasan partisipatif terhadap tahapan pelaksanaan pemilu, mulai dari insan pers, lembaga kemahasiswaan, hingga organisasi kepemudaan.

Kehadiran wartawan, kata Kadafi, sangat dibutuhkan untuk membantu mempublikasikan segala bentuk hal yang terjadi pada saat proses tahapan pemilu berlangsung, salah satunya yaitu mempublish apabila terjadi tindakan kecurangan dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Ketika wartawan (media) ikut memantau dan mengawasi pelaksanaan pemilu, dan apabila ada kecurangan yang terjadi pada saat itu, maka dari pemberitaan media itu bisa kami jadikan sebagai temuan informasi awal,” jelasnya.

“Nah, ini lah menjadi alasan kenapa kami mengajak kawan-kawan media, karena kawan-kawan media punya potensi yang sangat besar untuk mengawasi proses tahapan pelaksanaan pemilu 2024 ini,” tutur Kadafi.

Dia juga menambahkan, jika terjadi kecurangan pada saat pemilu berlangsung, wartawan juga dipersilahkan untuk melaporkan langsung kecurangan yang ditemukan di lapangan ke pihak Panwaslih Abdya tanpa harus pemberitaan terlebih dahulu.

“Jika menemukan kecurangan juga bisa laporkan langsung ke Panwaslih Abdya. Insya Allah kami akan menindaklanjuti laporan tersebut,” tegas Kadafi.

Acara yang mengusung tema “Pengawasan tahapan pemungutan suara dan perhitungan suara pemilu 2024” itu diikuti oleh puluhan wartawan yang bertugas di Kabupaten Abdya. Turut hadir Ketua Panwaslih Abdya, Hendra. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *