Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

Ratusan Siswa-Siswi Baru SMA Unggul Harpa Abdya Ikut MPLS

862
×

Ratusan Siswa-Siswi Baru SMA Unggul Harpa Abdya Ikut MPLS

Sebarkan artikel ini
Kepala Sekolah SMA Negeri Unggul Harpa Abdya, Subarianto S.Pd, M.Pd. Foto: Acehglobal/Muhammad Nasir.

BLANGPIDIE – Sebanyak 142 siswa-siswi baru di SMA Negeri Unggul Harapan Persada (Harpa) Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

Amatan Acehglobal, kegiatan MPLS ini digelar di lingkungan sekolah setempat Jalan Nasional Padang Meurantee Desa Ujung Padang, Kecamatan Susoh, Abdya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kepala Sekolah SMA Harpa, Subarianto, SPd., MPd mengatakan kegiatan MPLS tersebut dilakukan pihaknya sebagai bentuk perkenalan dasar bagi siswa-siswi baru terkait seputar lingkungan sekolah.

“Manfaat MPLS diberikan kepada siswa untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, seperti struktur kurikulum sekolah, kegiatan sekolah dan perkenalan dengan sejumlah guru, mungkin lebih ke situ tujuannya” kata Subarianto kepada Acehglobal, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga :   Tingkatkan Angka Vaksinasi, Pemerintah Gampong Lhung Tarok Bagi Door prize Sembako kepada Warga

Subar menjelaskan, dibandingkan ajaran tahun lalu, pada tahun pelajaran 2023/2024 ini, jumlah siswa yang mendaftar ke sekolah SMA Harpa mengalami peningkatan. Ia menyebut ada 197 siswa yang terdaftar sebagai siswa baru.

“Tahun lalu hanya 68 orang, tapi tahun ini meningkat menjadi 197 siswa yang sudah diseleksi dan sudah kita tetapkan lulus sebanyak 144 orang, namun dua siswa dinyatakan mengundurkan diri, jadi, sisanya hanya 142 orang yang sedang mengikuti MPLS,” terangnya.

Terkait 142 siswa yang dinyatakan lulus tersubut, kata Subarianto, itu bukan keputusan asal-asalan saja. namun jumlah kelulusan itu diputuskan melalui proses seleksi sesuai aturan yang berlaku di sekolah.

Baca Juga :   Bupati Abdya Keluarkan Surat Edaran Percepatan Vaksinasi di Gampong, Ini Isinya

“Alasan kita menerima 142 siswa itu karena didukung persiapan dan perlatan yang cukup disediakan sekolah, kita punya 12 kelas, 5 diantaranya masih kosong dan jumlah siswa yang kita luluskan itu bukan asal-asal semua melalui jalur prestasi dan Harpard. Dan kita juga tidak mengenyampingkan mutu sekolah sebab semua keputusan disesuaikan dengan mutu pendidikan. Insya Allah Harpa akan selalu menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan untuk anak didik,” jelas Subarianto.

Selain itu, lanjutnya, secara akademik Harpa sudah mempersiapkan guru-guru yang sudah memiliki legalitas yang cukup untuk meningkatkan mutu siswa dan sekolah, ke arah yang semakin baik.

Baca Juga :   Ketua Organda Nagan Raya Minta Pimpinan SPBU Tertibkan Pengisian BBM

“Ada 2 orang guru kita yang sudah S2, 2 orang sedang menempuh S2, 1 orang guru praktek belajar, sedangkan 1 guru penggerak, dan 2 calon guru penggerak,” sebutnya.

Adapun siswa-siswi yang sudah diluluskan dan terdaftar sebagai siswa baru pada tahun ajaran 2023-2024 di SMA Harpa didominasi oleh siswa kelulusan sekolah-sekolah terbaik di Abdya, diantaranya SMP Tunas Nusa, SMP Unggul, MTsN Unggul Susoh, dan SMP 1 Blangpidie.

“Mereka adalah lulusan sekolah terbaik yang dibuktikan dengan berbagai prestasi selama mereka di sekolah SMP/MTsN, seperti berprestasi di bidang olahraga, seni, akademik dan tahfidz Al Qur’an,” demikian tutur Subarianto.(*).

Editor: SSY