Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Santri Dayah Abdya Kutuk Keras Aksi Pembakaran Al Qur’an di Swedia

632
×

Santri Dayah Abdya Kutuk Keras Aksi Pembakaran Al Qur’an di Swedia

Sebarkan artikel ini
Santri Dayah di Abdya Kutuk Keras Aksi Pembakaran Al Qur'an di Swedia
Para santri membentangkan spanduk Aksi Bela Al Qur'an mengutuk keras aksi pembakaran Al Qur'an di Swedia, Kamis (2/2/2023). (Foto: Acehglobalnews/SALMAN)

Blangpidie – Para santri Dayah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar aksi mengecam dan mengutuk keras tindakan pembakaran Al-Qur’an yang dilakukan oleh Politikus Negara Swedia, Rasmus Paludan.

Peserta aksi tersebut tergabung dalam Aksi Bela Al Qur’an, yang terdiri dari elemen ormas Islam di Abdya yakni Kaswaja, ISBAD, Ikatan Santri Salafiah Aceh, PERTI, HUDA, Inshafuddin Abdya dan Tastafi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Salah seorang peserta aksi, Tgk Fakhrijal mengatakan aksi tersebut digelar di tiga titik lokasi, yaitu halaman Masjid Agung Abdya Baitul Ghaffur, Simpang Ceurana Kota Blangpidie dan Kantor Bupati Abdya, Kamis (2/1/2023).

Umat Islam dari berbagai ormas membentangkan spanduk Aksi Bela Al Qur’an mengutuk keras aksi pembakaran Al Qur’an di Swedia, Kamis (2/2/2023). (Foto: Acehglobalnews/SALMAN)

“Aksi yang kita lakukan ini adalah bentuk pengecaman dan mengutuk keras pembakar Al Qur’an di Swedia. Ini jelas perbuatan yang tidak menghargai dan menghormati Al Qur’an sebagai kitab suci kita Agama Islam,” ungkap Tgk Fakhrijal saat ditemui di Masjid Agung Abdya.

Baca Juga :   Rajut Silaturrahmi, DPD KNPI Aceh Utara Gelar Buka Puasa Bersama

Pantauan Acehglobalnews di lokasi orasi (Masjid Agung), terlihat sejumlah mobil pick-up mengangkut puluhan santri peserta aksi mengutuk keras pembakaran Al Quran di Swedia. Aksi tersebut juga dikawal ketat oleh petugas keamanan dari kepolisian.

Umat Islam dari berbagai ormas di Abdya menggelar orasi Aksi Bela Al Qur’an di pusat Kota Blangpidie mengutuk keras tindakan pembakaran Al Qur’an di Swedia, Kamis (2/2/2023). (Foto: Acehglobalnews/SALMAN)

Sebagaimana diketahui, Partai Sayap Kanan Denmark Stram Kurs bernama Rasmus Paludan pada hari Sabtu, 21 Januari 2023 lalu telah membakar Al-Qur’an di Stockholm, ibu kota Swedia.

Baca Juga :   Tahun 2022, Baitul Mal Abdya Salurkan Zakat dan Infak Rp 7,3 Milyar

Rasmus Paludan merupakan pemimpin Partai Stram Kurs Denmark membakar kitab suci umat Islam di dekat gedung Kedutaan Besar Turki.

Tgk Fakhrijal berharap ke depannya peristiwa serupa tidak terulang kembali. Dan umat Islam dunia, terutama Aceh dan Aceh Barat Daya khususnya harus bersatu dalam menyikapi hal ini. (*)