Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahKesehatan

Tim Surveyor LAPKLIN Lakukan Survei Re-akreditasi UPTD Puskesmas Lhang Abdya

243
×

Tim Surveyor LAPKLIN Lakukan Survei Re-akreditasi UPTD Puskesmas Lhang Abdya

Sebarkan artikel ini
Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Setdakab Abdya, Amri AR ST mewakili Sekda Abdya Salman Alfarisi ST, membuka acara survei Re-akreditasi di Aula Puskesmas Lhang, Abdya, Rabu (17/4/2024). Foto: Acehglobal / Ist.

Blangpidie, Acehglobal — UPTD Puskesmas Lhang, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), pada hari Rabu (17/4/2024) menjalani survei re-akreditasi oleh Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Puskesmas Klinik Laboratorium Indonesia (LAPKLIN).

Proses re-akreditasi ini bertujuan untuk menilai kesesuaian mutu layanan puskesmas kepada masyarakat sesuai standar yang telah ditetapkan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Setdakab Abdya, Amri AR ST, menyampaikan bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemkab Abdya.

Baca Juga :   Momen Ramadhan, UPTD Puskesmas Babahrot Abdya Santuni Puluhan Anak Yatim

“Pemerintah daerah sangat antusias dan berkomitmen meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perumusan kebijakan yang berkesinambungan,” jelas Amri.

Lebih lanjut, Amri mengungkapkan bahwa akreditasi merupakan proses yang wajib dilalui puskesmas untuk meningkatkan mutu layanan, minimal setiap 3 tahun sekali.

Baca Juga :   Kapolres dan Dandim Aceh Selatan Kompak Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Kurang Mampu

“Melalui akreditasi ini, diharapkan seluruh puskesmas dapat mencapai mutu pelayanan terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kadiskes Abdya, Safliati, SST, Mkes, menjelaskan bahwa survei ini bertujuan untuk mendapatkan pengakuan kembali terhadap Puskesmas Lhang dari lembaga independen penyelenggara akreditasi.

“Akreditasi ini baru akan ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah puskesmas dinilai memenuhi standar pelayanan yang berkesinambungan,” terangnya.

Baca Juga :   Cari Korban Hilang, Tim Gabungan Kembali Sisir Pantai Laut Lama Muda dan Lama Tuha

Menurut Safliati, berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan, seluruh puskesmas di Abdya wajib melakukan akreditasi untuk meningkatkan mutu pelayanan.

“Alhamdulillah, UPTD Puskesmas Lhang merupakan puskesmas kedua yang melaksanakan proses re-akreditasi di tahun 2024,” ujarnya.

“InsyaAllah, seluruh puskesmas lainnya di Abdya akan menyusul,” tambahnya.(*)