Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Kesehatan

Cara Efektif Atasi Mata Minus Secara Alami Tanpa Obat-obatan Medis

244
×

Cara Efektif Atasi Mata Minus Secara Alami Tanpa Obat-obatan Medis

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi mata minus (Gambar: pexels.com/pogo)

ACEHGLOBALNEWS.com — Mata minus atau rabun jauh merupakan kondisi penglihatan yang kabur saat melihat benda yang jauh, sedangkan benda yang dekat terlihat jelas.

Kondisi ini umum terjadi dan dapat diatasi dengan berbagai cara, termasuk penggunaan kacamata, lensa kontak, atau operasi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Namun, bagi sebagian orang, mereka lebih memilih cara alami untuk mengatasi mata minus.

Berikut beberapa cara yang dapat dicoba:

1. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin A

Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko rabun senja dan mata minus. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin A, seperti wortel, ubi jalar, bayam, kale, dan paprika merah.

Baca Juga :   Aksi Donor Darah BFLF Abdya Disambut Antusiasme Pengunjung Warkop

2. Perbanyak Asupan Buah dan Sayuran

Buah dan sayur kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsilah berbagai jenis buah dan sayur, terutama yang berwarna hijau, kuning, dan oranye.

3. Istirahatkan Mata Secara Teratur

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata. Oleh karena itu, penting untuk memberikan waktu istirahat bagi mata. Lakukan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, alihkan pandangan ke objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

4. Lakukan Senam Mata

Senam mata dapat membantu memperkuat otot-otot mata dan meningkatkan aliran darah ke mata. Beberapa gerakan senam mata yang dapat dilakukan di antaranya:

Baca Juga :   Bersinergi dengan BKKBN, TNI di Abdya Komit Tekan Stunting

• Memutar bola mata: Putar bola mata searah jarum jam dan berlawanan jarum jam sebanyak 10 kali.

• Mengedipkan mata: Tutup mata rapat-rapat selama 5 detik, kemudian buka lebar-lebar selama 5 detik. Ulangi sebanyak 10 kali.

• Mengubah fokus: Lihatlah jari telunjuk yang dipegang dekat mata, kemudian alihkan pandangan ke objek yang jauh. Ulangi sebanyak 10 kali.

5. Gunakan Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan mata lelah dan bengkak. Gunakan kompres dingin selama 10-15 menit beberapa kali sehari.

6. Hindari Paparan Sinar Mata Berlebih

Paparan sinar matahari berlebih dapat merusak mata. Gunakan kacamata hitam yang dilengkapi pelindung UV saat berada di luar ruangan.

Baca Juga :   Tindaklanjut PHBS, Meudang Ara Akan Siapkan Qanun Kebersihan Lingkungan Gampong

7. Periksakan Mata Secara Teratur

Meskipun menerapkan cara-cara alami, penting untuk tetap memeriksakan mata secara teratur ke dokter mata. Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi dini masalah penglihatan dan mencegah komplikasi.

Perlu diingat bahwa cara-cara alami ini tidak dapat menyembuhkan mata minus secara permanen. Namun, cara-cara ini dapat membantu memperlambat perkembangan mata minus dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki mata minus, konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat. Dokter mata akan membantu menentukan cara terbaik untuk mengatasi mata minus Anda, baik dengan cara alami maupun medis.

Semoga artikel ini bermanfaat!. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News