Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pemkab Aceh Selatan Gelar Peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah

2459
×

Pemkab Aceh Selatan Gelar Peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah

Sebarkan artikel ini
Bupati Tgk. Amran beserta jajarannya menghadiri acara peringatan 1 Muharram 1445 H Tingkat Kabupaten Aceh Selatan yang digelar di Dayah Misbahu Khairil Bariyah Al-Amiyah, Gampong Ujung Karang, Kecamatan Sawang. Foto: Acehglobal/Ist.

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menggelar acara peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah yang dilaksanakan di Dayah Misbahu Khairil Bariyah Al-Amiyah, Gampong Ujung Karang, Kecamatan Sawang, pada Selasa (18/7/2023) malam.

Acara yang mengangkat tema “Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT Serta Menata Kehidupan yang Lebih Komprehensif” itu dihadiri Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain itu, turut hadir Forkopimda Aceh Selatan, para Asisten Setdakab, para Kepala SKPK, Camat Sawang, Kepala BPS Aceh Selatan, Pimpinan Dayah Misbahu Khairil Bariyah Al-Amiyah beserta para santri, dan undangan lain serta masyarakat setempat.

Acara pergantian tahun baru Islam ini dirangkai dengan siraman rohani yang disampaikan penceramah Tgk. H Farmadi ZA M.Sc dari Pimpinan Dayah Manyang Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya.

Baca Juga :   Tadzkiratul Ummah Aceh Gelar Khitanan Massal Gratis Bagi Anak Yatim dan Fakir Miskin

Momentum Peringatan 1 Muharram, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk perbanyak shalawat dan juga meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan menjaga salat 5 (lima) waktu sehari semalam.

“Mari kita mengantarkan anak-anak kita di lembaga pendidikan dayah untuk menggali ilmu agama secara mendalam, dan semoga lembaga pendidikan ini terus maju dan diterima oleh masyarakat, karena pimpinan dayah ini adalah salah seorang ustaz dan juga guru yaitu pengajian Majelis Taklim yang kami laksanakan di Pendopo bupati Kabupaten Aceh Selatan,” kata Tgk Amran.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tgk Amran juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kamtibmas selama penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga :   Salahgunakan Dana BUMG, Mantan Keuchik di Nagan Raya Kembalikan Uang Rp 180 Juta di Polres

Ia mengatakan menciptakan situasi kondusif bukanlah semata-mata tanggungjawab TNI Polri saja, akan tetapi juga menjadi tanggungjawab bersama seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Aceh Selatan.

“Banyak agenda-agenda pemerintah yang akan diselenggarakan salah satunya yaitu Pileg dan Pilpres yang akan dilaksanakan di bulan Februari tahun 2024 mendatang, maka dalam hal tersebut kita selaku masyarakat kabupaten Aceh Selatan berkewajiban untuk menjaga Kamtibmas,” tegas Bupati.

Dalam tausiyah yang di sampaikan oleh Tgk. H Farmadi ZA M.Sc, mengajak semua umat untuk senantiasa meneladani sikap dan perilaku Rasulullah SAW.

“Pada malam ini kita wajib berdoa, dengan masuknya keagungan tahun baru Islam ini, panjangkan umur kami, jangan engkau matikan kami sebelum kami sempat menziarahi makam baginda Nabi Rasulullah SAW, oleh sebab itu, jangan sekali-kali kita meninggalkan salat,” sampai Tgk Farmadi.

Baca Juga :   Road Show Akhir Tahun, Rakan Wartawan Aceh Silaturahmi dengan Kapolres Aceh Selatan

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Asisten I Kamarsyah, S.Sos, MM dalam laporannya menjelaskan, bahwa terpilihnya Dayah Misbahu Khairil Bariyah Al-Amiyah ini sebagai tempat pelaksanaan peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah merupakan hasil musyawarah Panitia, karena Dayah tersebut layak sebagai tempat kegiatan tersebut.

“Hal ini juga didukung oleh antusiasnya masyarakat yang berhadir pada setiap adanya kegiatan hari-hari besar islam khususnya di Kecamatan Sawang. Insyaallah untuk tahun-tahun berikutnya setiap ada peringatan hari-hari besar Islam akan kita gilir pelaksanaannya di kecamatan yang lain,” ujar Kamarsyah.

Dalam rangkaian momen peringatan tahun baru Islam 1445 H tersebut juga dilaksanakan Hadrah/Nasyid oleh Asy Syifa Group dari Gampong Jambo Manyang Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan.(*)

Editor: SSY