Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pj Bupati Mahdi Efendi Buka MTQ Ke 36 Kabupaten Aceh Barat

218
×

Pj Bupati Mahdi Efendi Buka MTQ Ke 36 Kabupaten Aceh Barat

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Mahdi Efendi secara resmi membuka kegiatan MTQ ke 36 yang berlangsung di Desa Tangkeh, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (21/6/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

MEULABOH – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 36 tingkat Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan di Kecamatan Woyla Timur, Rabu (21/6/2013).

Dalam acara pembukaan tersebut hadir jajaran Forkopimda Aceh Barat, Sekda, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Kepala UPTD PPQ Aceh, Ketua LPTQ Aceh, Ketua LPTQ Kabupaten Aceh Barat, dan para asisten dan staff ahli Bupati.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selanjutnya turut hadir juga para Kepala SKPK, Kepala Kantor Kemenag Aceh Barat, para Camat, para Ulama pimpinan dayah, para dewan hakim, para pimpinan Perguruan Tinggi, Perusahaan dan instansi vertikal, serta seluruh elemen masyarakat.

Penyalaan bunyi sirine yang dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Barat bersama jajaran Forkopimda, menandai dimulainya MTQ ke 36 yang dipusatkan di Desa Tangkeh dan Desa Pasi Janeng, Kecamatan Woyla Timur.

Baca Juga :   Kafilah Aceh Raih Juara Tiga Nasional MTQ Korpri di Kendari

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan piala bergilir MTQ oleh Pj Bupati Mahdi kepada Ketua Umum panitia penyelenggara MTQ di arena utama pergelaran MTQ Kabupaten Aceh Barat, yang terletak di Desa Tangkeh, Kecamatan Woyla Timur.

Event 2 tahunan itu semakin meriah dengan digelarnya pawai taaruf yang menampilkan 12 kafilah MTQ dari 12 Kecamatan Se Kabupaten Aceh Barat dengan jumlah peserta dan Official mencapai 515 orang.

Pada MTQ ke 36 terdapat 8 cabang yang diperlombakan, di antaranya cabang Tilawah, Qiraah Sab’ah, Hifzhil Quran, Fahmil Quran, Syariil Quran, Khattil Quran, Karya Tulis Ilmiah Quran (KTIQ), serta Tafsir Quran.

MTQ Kabupaten Aceh Barat ini dilaksanakan dari tanggal 20 s/d 24 Juni 2023.

Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Aceh Barat ini bertujuan untuk menjaring dan menetapkan peserta terbaik dari seluruh kecamatan.

Baca Juga :   Minimalisir Laka Lantas, Kapolres Subulussalam Tambal Jalan Depan Kantor DPRK

“Untuk nantinya menjadi perwakilan Kabupaten Aceh Barat pada ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023 mendatang di Kabupaten Simeulu,” katanya.

Mahdi mengharapkan, seluruh peserta agar dapat mengikuti ajang MTQ tahun ini harus penuh semangat dengan menunjukkan kemampuan terbaik dari masing-masing peserta seraya terus berusaha dan berdo’a kepada Allah SWT, sehingga dapat memperoleh hasil dan prestasi yang membanggakan.

Ia mengingatkan, kepada para dewan hakim agar dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, sehingga penilaian yang diberikan nanti dapat menghasilkan suatu keputusan yang adil dan objektif.

“Perlu memiliki peran strategis dalam rangka memuliakan al-quran, sekaligus menjadi momentum bagi kita semua agar senantiasa mengamalkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sebagai landasan pembentukan mental, karakter, dan akhlak mulia,” tambah Mahdi.

Baca Juga :   Soal Bus Dilempari Batu, Persatuan Supporter Timnas Minta Maaf ke Masyarakat Thailand

Sementara, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Barat, Muhammad Isa, S.Pd., menyebutkan, peserta MTQ tahun ini berjumlah 515 peserta yang terdiri dari 443 peserta Putera Puteri dan 72 Official, terdiri kafilah atau 12 kecamatan se Kabupaten Aceh Barat akan didampingi sebanyak 6 Official.

“Tempat pelaksanaan MTQ akan dipusatkan di dua desa, yakni Tangkeh dan Pasi Janeng. Selain Arena utama yang berada di desa Tangkeh, kita juga akan menggunakan mesjid dan sejumlah sekolah di kedua desa tersebut serta aula kantor camat Woyla Timur,” sebut Isa.

“Sedangkan untuk pemondokan,pihaknya telah menyediakan sejumlah rumah-rumah masyarakat setempat untuk dijadikan pemondokan kafilah yang jaraknya tidak jauh dari lokasi kegiatan MTQ,” pungkasnya.(*)

Editor: Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *