Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Hukrim

Surat PT CA ke Pemkab Abdya Hanya Sebuah Permintaan Garap Lahan Diluar HGU

294
×

Surat PT CA ke Pemkab Abdya Hanya Sebuah Permintaan Garap Lahan Diluar HGU

Sebarkan artikel ini
Kadis Pertanahan Abdya, Rizal SMn

BLANGPIDIE – Kepala Dinas Pertanahan Aceh Barat Daya (Abdya), Rizal SMn menegaskan surat dari PT Cemerlang Abadi (CA) ditujukan pada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) hanya sebuah permintaan dan surat balasan Pj Bupati bukan keputusan, karena keputusan tetap diambil dari hasil musyawarah bersama.

Hal itu disampaikan Rizal terkait beredarnya surat permohonan PT CA yang dialamatkan ke Pemkab Abdya untuk permintaan garap lahan negara yang telah dikeluarkan dari izin Hak Guna Usaha (HGU).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Terkait persoalan PT CA, Pemerintah Daerah tetap merujuk pada hasil bersama dan keputusan Mahkamah Agung yang telah berkekuatan hukum tetap, incrah,” kata Rizal di Banda Aceh, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga :   Pemkab Abdya Gelar Sosialisasi Percepatan Vaksinasi COVID-19

Menurut Rizal untuk menjawab surat balasan perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut, Pj Bupati Abdya Darmansah tetap meminta pendapat dari lembaga DPRK melalui musyawarah.

“Nah, nanti apa jawaban dari hasil menolak seluruhnya tinggal kita tuangkan saja dalam surat balasan. Pada prinsipnya dari hasil pertemuan Pj Bupati di Kementerian ATR/BPN tetap berpedoman kepada hasil Keputusan PK No. 65/PK/TUN/2022,” jelasnya.

Rizal mengatakan dengan adanya surat permohonan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut multi tafsir persoalan PT CA yang selama ini berkembang ditengah masyarakat juga telah terbantahkan.

Baca Juga :   Pemkab Abdya Terima Penghargaan dari Ombudsman RI

Karena, terang dia, secara tidak langsung mereka (PT. CA) sudah mengakui lahan yang tidak diberikan perpanjangan izin seluas 2.845 hektar tersebut tidak dapat dikuasai sehingga pihak perusahaan memohon kepada Pemkab Abdya.

“Pak Pj Bupati ingin masalah tersebut lebih tansparansi maka akan membicarakan mengenai langkah apa saja yang dilakukan Pemkab kedepan,” ujarnya.

Karena, lanjut Rizal keputusan tetap yang diambil oleh kepala daerah terkait persoalan lahan PT CA di Babahrot tersebut berdasarkan dari hasil keputusan bersama, baik dengan dewan maupun dengan Forkopimkab.

“Sehingga informasi terima oleh semua pihak lebih terbuka. Transparansi dan tidak timbul multi tafsir ditengah-tengah masyarakat,” tutur mantan Kabag Pemerintahan Setdakab Abdya itu.

Baca Juga :   Pemkab Abdya Tetapkan Hari Meugang Puasa Jatuh pada Kamis Esok

Rizal menegaskan bahwa Pj Bupati Darmansah sampai saat ini tidak menandatangani satu lembar surat pun yang menyatakan dukungan terhadap permohonan PT. CA tersebut.

Bahkan, Pj Bupati Darmansah menyampaikan terimakasih pada semua pihak terutama yang telah banyak memberikan masukan terhadap kesejahteraan masyarakat Abdya.

“Mari sama-sama kita berjuang agar keputusan inkrah ini segera mendapat legalitas dari Kementerian ATR/BPN supaya segera dibagikan ke masyarakat yang berhak secara tertib terukur dan teratur,” pinta Rizal. (*)

| Editor : Salman