Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaEkonomi

Alumni LPDP Dorong Potensi Wirausaha Muda Berbasis UKM Sawit di Palembang

431
×

Alumni LPDP Dorong Potensi Wirausaha Muda Berbasis UKM Sawit di Palembang

Sebarkan artikel ini

Palembang – Alumni penerima beasiswa LPDP Magister Manajemen UGM, Miftahudin Nur Ihsan, berkolaborasi dengan BPDPKS mendorong potensi agar lahirnya wirausaha – wirausaha muda berbasis UKM sawit di Palembang.

Ihsan, yang juga CEO CV. Smart Batik Indonesia, menjadi salah satu narasumber dalam rangkaian kegiatan Gebyar UKMK Berbahan Sawit “Just Saw It UKMK” dalam Mendukung UKMK Sawit Go International.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) di Palembang Indah Mall pada 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Baca Juga :   MUI Jabar Rekomendasikan Ponpes Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang Ditutup

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan wirausaha muda berbasis UKM sawit serta mengembangkan kapasitas UMKM dan koperasi petani sawit untuk produksi produk hilir sawit dan akses platform digital pemasaran produk dan pembiayaan.

Ihsan, yang merupakan mitra BPDPKS dalam memproduksi batik tulis dengan malam batik sawit, mengatakan bahwa sawit merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki Indonesia.

Ia tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan kebaikan sawit dan mendorong inovasi-inovasi produk berbasis sawit.

“Saat ini sudah tersedia malam batik sawit yang lebih sehat dan ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk memproduksi batik,” kata Ihsan, Senin (2/10/2023).

Baca Juga :   TNI di Abdya Geruduk Mapolres Beri Kejutan HUT ke-77 Bhayangkara

Smart Batik sendiri saat ini sudah memiliki lebih dari 50 mitra pembatik di wilayah Jogja dan Jawa Tengah dan berkomitmen untuk menggunakan malam batik sawit di semua produk batik tulisnya.

Pada kesempatan ini, Ihsan juga mendorong peserta seminar, yang sebagian besar merupakan mahasiswa, untuk berani berwirausaha.

Ia menceritakan pengalamannya memulai usaha ketika mahasiswa dari mulai menjadi reseller batik sambil menyisihkan keuntungan untuk membuat motif sendiri sampai dengan saat ini memiliki lebih dari 100 motif batik.

Ihsan juga menyampaikan bahwa saat ini kesempatan wirausaha juga terbuka lebar untuk mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan program-program dari Kemendikbud Ristek, seperti Program Kreativitas Mahasiswa, Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), dan Program Wirausaha Merdeka.

Baca Juga :   Tantawi Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua PMI Aceh Utara

“Ketika kuliah mahasiswa memiliki kesempatan bagus untuk membentuk karakter dan mengasah skill mereka sebagai modal dasar dalam berwirausaha,” kata Ihsan.

Ihsan berharap agar semakin banyak mahasiswa di Palembang yang menjadi wirausaha yang nantinya dapat membuka lebih banyak lapangan kerja khususnya yang berkaitan dengan produk berbasis sawit.(*)

Editor: Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News