Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kemenag Abdya: CJH 2024 Wajib Penuhi Syarat Istitha’ah Kesehatan

479
×

Kemenag Abdya: CJH 2024 Wajib Penuhi Syarat Istitha’ah Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Agus Suryadi SAg., M.Pd, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Abdya. Foto: Acehglobal/Ist.

Blangpidie — Calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun 2024 mendatang akan diwajibkan memenuhi istitha’ah kesehatan. Istitha’ah kesehatan merupakan syarat wajib haji yang meliputi aspek kesehatan, baik fisik maupun psikis.

Hal itu disampaikan Kakankemenag Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Agus Suryadi, S.Ag M.Pd, Senin (30/10/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Tahun 2024 mendatang, penyelenggara haji akan memberlakukan pemeriksaan kesehatan lebih ketat dari biasanya. Masing-masing CJH akan menjalani dua kali pemeriksaan kesehatan,” kata Agus.

Dia menjelaskan, pemeriksaan pertama akan dilakukan pada saat daftar haji, sedangkan pemeriksaan kedua akan dilakukan sebelum pelunasan biaya haji.

“Jika pada pemeriksaan kedua, kondisi kesehatan CJH sudah baik, maka CJH yang bersangkutan berhak melunasi sisa uang pemberangkatan,” terang Agus.

Baca Juga :   WhatsApp Luncurkan Akun Resmi Official Untuk Sebar Info

“Namun sebaliknya, jika kondisi kesehatan CJH tidak baik, maka CJH tersebut tidak diwajibkan melakukan pelunasan,” lanjutnya.

Terkait skema baru syarat istitha’ah kesehatan yang diterapkan, pihak Kemenag Abdya sedang menunggu surat edaran dari Kemenag RI untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada para Calon Jemaah Haji.

Baca Juga :   22 Calon Petugas Haji di Abdya Ikuti Tes CAT

“Kami berharap dalam waktu dekat ini dapat melakukan sosialisasi kepada CJH, tujuannya agar CJH mendapatkan pemahaman terkait kesehatannya dan bisa mempersiapkan diri,” kata Agus.

“Selain itu, sosialisasi ini kita persiapkan untuk menghindari kesalahpahaman, jika ada CJH yang gagal berangkat ke Tanah Suci mereka sudah bisa mengerti dan faham,” pungkasnya.(*)

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News