Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahPemilu 2024

KIP Abdya Tuntaskan Perhitungan Suara di 442 TPS, Rekapitulasi Kecamatan Dimulai Besok

1554
×

KIP Abdya Tuntaskan Perhitungan Suara di 442 TPS, Rekapitulasi Kecamatan Dimulai Besok

Sebarkan artikel ini
Komisioner KIP Abdya dengan Ketua PPK se Abdya. (Foto : Acehglobal / M. Nasir)

Blangpidie, Acehglobal — Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah menyelesaikan perhitungan suara di 442 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 152 desa dan 9 kecamatan, serta 1 TPS di Lapas Kelas II B Blangpidie pada 15 Februari 2024.

Ketua KIP Abdya, Iswandi, S.H., M.H., mengapresiasi kinerja seluruh badan ad-hoc penyelenggara pemilu, mulai dari KPPS, PPS, dan PPK, yang telah bekerja maksimal untuk mensukseskan pemilu di Abdya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Terima kasih kepada seluruh jajaran KIP Abdya, khususnya KPPS, yang telah melaksanakan tugas dengan baik, meskipun kami tahu tugasnya sangat berat,” kata Iswandi, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga :   Razali Abu: Para Pihak Lalai Perjuangkan Hak Masyarakat dari Penerimaan PI 10 Persen

Iswandi juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu dan memastikan tahapan pungut hitung di TPS berjalan lancar.

“Kami merasakan dukungan penuh dari seluruh Keuchik, camat, pihak keamanan, Forkompinda Abdya, dan Panwaslih Abdya yang telah bekerja sesuai tupoksi masing-masing untuk memastikan tahapan pungut hitung berjalan lancar dan sesuai aturan,” terangnya.

Baca Juga :   KIP Abdya Ajak Masyarakat ke TPS Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024

Rekapitulasi Kecamatan Dimulai Besok

Tahapan selanjutnya, yaitu rekapitulasi di tingkat kecamatan, akan dimulai pada hari Sabtu, 17 Februari 2024.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KIP Abdya, Deri Sudarma, S.H., menjelaskan bahwa semua kotak suara sudah berada di kecamatan dan PPK mulai melakukan persiapan untuk pleno rekapitulasi suara.

“Persiapannya seperti undangan untuk seluruh peserta pemilu dan panwas. Mudah-mudahan rapat pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan dapat dimulai pada Sabtu, 17 Februari 2024,” ujar Deri.

Deri menambahkan bahwa berdasarkan PKPU tentang Rekapitulasi, batas maksimal rekapitulasi di tingkat kabupaten adalah tanggal 3 Maret 2024.

Baca Juga :   KIP Abdya Edukasi Puluhan Santri Lewat Nobar Film Kejarlah Janji

“Memang, aturannya rekapitulasi di tingkat kabupaten harus selesai paling lambat 20 hari setelah hari pemungutan suara, namun kami berharap proses rekapitulasi di Abdya bisa selesai lebih cepat,” imbuhnya.

Deri berharap dan memohon doa serta dukungan semua pihak agar semua tahapan penyelenggaraan pemilu di Abdya berjalan dengan baik, aman, dan damai.

“Kesuksesan pemilu merupakan tanggung jawab bersama sehingga pemilu sebagai sarana integrasi bangsa dapat membawa kebaikan dan kemajuan daerah, khususnya Abdya,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *